MAKALAH
Perkembangan
Gadged
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Tidak
dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi sangat berperan dalam kehidupan
manusia. Kemajuan teknologi dengan kehidupan manusia seakan-akan tidak dapat
dipisahkan. Dengan kemajuan teknologi kita dapat memperoleh berbagai informasi
yang ada di belahan dunia. Kemajuan teknologi tentunya menyebabkan perubahan
yang begitu besar terhadap kehidupan umat manusia di berbagai bidang dan
memberikan dampak yang begitu besar terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut
masyarakat, termasuk gaya hidup dan pola pikir masyarakat.
Teknologi
diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Teknologi memiliki
berbagai macam jenis yang tidak terhitung jumlahnya. Salah satu contoh
teknologi yang paling populer pada era globalisasi ini adalah gadget.
Beberapa
orang pernah bahkan sering mendengar kata “gadget”. Namun tidak banyak dintara
mereka yang mengerti apa yang dimaksud dengan gadget itu sendiri. Karena itulah
kami memilih gadget sebagai pokok bahasan pada karya tulis kami agar dapat
menambah wawasan kepada para pendengar dan pembaca mengenai gadget.
Selain itu kami juga memilih gadget sebagai
pokok bahasan kami dikarenakan peminat gadget yang sangat banyak. Beberapa
tahun yang lalu gadget hanya dimiliki oleh kalangan pembisnis untuk kelancaran
pekerjaannya. Namun, sekarang gadget telah dimiliki oleh setiap kalangan. Hal
ini dikarenakan bentuk gadget yang beraneka ragam dan sangat menarik serta
memiliki berbagai fungsi selain untuk berkomunikasi juga untuk berbagi,
mencipta, dan menghibur dengan audio, video, gambar, tulisan, musik dan
sebagainya.
Sebagai
salah seorang yang hidup pada era globalisasi ini kita perlu mengikuti segala
perkembangan yang terjadi khususnya di bidang teknologi seperti gadget. Namun,
perlu diperhatikan bahwa fasilitas yang disediakan oleh gadget tidak hanya menimbulkan dampak positif tetapi
juga menimbulkan dampak negatif. Karena itu, kita perlu berhati-hati dalam
menggunakan teknologi ini. Penjelasan lebih lanjut mengenai dampak positif dan
negatif menggunakan gadget akan di bahas pada bagian selanjutnya.
Tujuan
Tujuan karya tulis ini antara
lain sebagai berikut.
·
Untuk mengetahui perkembangan gadget.
·
Memberikan informasi kepada para
pendengar dan pembaca mengenai definisi gadget beserta contoh-contohnya.
·
Menambah wawasan para pendengar dan
pembaca mengenai peranan gadget dalam kehidupan.
·
Memberikan informasi kepada para pendengar
dan pembaca mengenai dampak positif dan negatif menggunakan gadget.
·
Memberikan gambaran tentang pengaruh
penggunaan gadget bagi kesehatan.
·
Memberikan masukan kepada para
pendengar dan pembaca khususnya bagi pengguna gadget agar menggunakan teknologi
ini dengan bijak.
·
Melatih siswa agar dapat membuat karya
tulis dengan baik berdasarkan contoh-contoh yang telah ada.
Manfaat
Kami
sangat mengharapkan karya tulis ini dapat memberi manfaat bukan hanya kepada
kami sendiri sebagai penulis melainkan juga kepada para pendengar dan pembaca.
Dengan dibuatnya karya tulis ini hendaknya dapat menambah wawasan kita mengenai
gadget, peran gadget serta dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget.
Selain itu, dengan dibuatnya karya tulis ini tentunya dapat melatih
kekreatifitasan kami dalam membuat karya tulis yang lebih baik serta dapat
menjadi contoh bagi siswa-siswi lain yang belum pernah membuat karya tulis.
BAB II PEMBAHASAN
Definisi Gadget
diberikan
Gadget adalah sebuah benda (alat atau
barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering
diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan
lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan
teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget biasa disebut dengan gizmos.
1. Perkembangan Gadget
Teknologi
semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Gadget sebagai alat teknologi
yang banyak diminati juga mengalami perkembangan. Pada era globalisasi ini
jenis, fitur, maupun bentuk gadget sudah beragam. Misalnya saja komputer
(termasuk laptop dan desktop), handphone, video games gadget seperti PSP, video gadget seperti MP4, audio
gadget seperti iPods, dan kamera.
Untuk lebih memperjelas pemahaman kalian tentang
perkembangan gadget dari masa ke masa, perhatikan gambar salah satu gadget di
bawah ini.
a b
Ø Keterangan:
·
Gambar a merupakan gambar handphone yang masih sederhana, baik fitur
maupun bentuknya.
·
Gambar b merupakan gambar handphone yang sudah sangat canggih, baik fitur
maupun bentuknya.
Kami juga mengumpulkan 4 gambar gadget
terbaru dan terbaik di dunia.
1 2
3 4
Ø Keterangan:
1. 3M’s M2256PW – The Ten Finger Touch Screen
2. Skiff Reader – The Electric Newspaper
3. EnTourage eDGe
4. iPad Photo
Dari
gambar-gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi yang
terdapat pada gadget dari masa ke masa begitu menakjubkan, dari bentuk yang
sederhana sampai tercipta bentuk yang luar biasa. Gadget memang
tidak bisa dilepaskan dari warga urban yang tinggal di Jakarta. Bisa dipastikan
ke mana saja mereka melangkah, selalu dikelilingi oleh gadget-gadget canggih
dan seru. Bayangkan perkembangan masyarakat urban yang pesat tersebut juga
diiringi oleh perkembangan gadget yang semakin lama semakin seru. Jika dahulu
orang memiliki walkman, kemudian discman, kini sudah tergusur oleh portable
audio player yang sangat mini dan mudah dibawa kemana-mana
2. Peranan Gadget dalam Kehidupan
Gadget
merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan pada era globalisasi ini.
Sekarang gadget bukanlah benda yang asing lagi, hampir setiap orang
memilikinya. Tidak hanya masyarakat perkotaan, gadget juga dimiliki oleh
masyarakat pedesaan. Contohnya saja televisi dan handphone yang kini telah
dinikmati oleh masyarakat pedesaan. Selain itu, disetiap rumah paling tidak
kita akan menemukan sedikitnya dua buah macam gadget.
Gadget mutakhir
seperti Blackberry (BB) atau iPhone kini sudah menjadi bagian vital dari
kehidupan seseorang sehingga selalu dibawa ke mana pun, termasuk saat pergi ke
toilet untuk buang hajat sambil menggunakan gadget mutakhir ini sehingga
penggunanya sering kali menjadi lupa diri karena asyik bermain games, chat, atau
BBM-an.
Bagi
sebagian orang, gadget bisa disebut sebagai pasangan hidup. Karena tanpa gadget
mereka akan merasa sangat kesulitan. Bagi orang-orang tersebut, gadget merupakan benda yang mutlak mereka miliki.
Bahkan tidak jarang diantara mereka yang rela menghamburkan uang untuk
mengoleksi gadget-gadget kesukaan mereka. Mengoleksi gadget tidak dilarang
tetapi malah dianjurkan karena gadget yang super fungsi ini dapat membantu
mempermudah pekerjaan kita. Dengan catatan harus disesuaikan dengan pendapatan.
Jika kita tidak pandai mengatur pendapatan dan pengeluaran, maka keinginan
untuk mengoleksi gadget hanya akan menimbulkan gaya hidup konsumtif yang akan
membawa pengaruh buruk bagi kehidupan kita.
3. Dampak Positif dan Dampak Negatif
Menggunakan Gadget
Segala
sesuatu yang berhubungan dengan teknologi tentunya mempunyai dampak positif dan
negatif, tergantung dari pengguna itu sendiri. Berikut adalah beberapa contoh
dampak positif dan negatif menggunakan gadget.
Ø Dampak Positif :
·
Sebagian besar gadget mudah dibawa
kemana-mana sehingga kita dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki gadget
dimanapun dan kapanpun.
·
Dapat membantu kita menyelesaikan
pekerjaan secara efektif misalnya dengan menggunakan komputer atau laptop.
·
Dapat mempermudah komunikasi dengan
menggunakan handphone via SMS dan telepon. Selain itu jika kita bepergian, kita
dapat mengetahui dimana posisi kita karena GPS sudah mulai tertanam di
handphone terkini.
·
Kita bisa bermain game-game canggih yang
dimainkan melalui video games gadget seperti PSP yang dapat menjadi sarana
hiburan.
·
Dengan menggunakan video gadget
seperti MP4 player, kita tidak perlu lagi menonton film atau video di komputer,
kita bisa menonton film di MP4 secara langsung walaupun dengan ukuran yang
lebih kecil.
·
Bagi pecinta musik, kita dapat
mendengarkan musik sepuasnya dengan menggunakan audio gadget seperti iPods.
Gadget ini dapat merekam
apapun dan dilengkapi fitur radio FM serta kemampuan membaca eBook yang juga
ditanamkan didalamnya.
·
Kita
bisa mengambil foto atau merekam aktivitas dengan menggunakan gadget, misalnya
kamera poket.
·
Kita dapat mengetahui dan mengikuti
segala perkembangan yang ada di dunia dengan menggunakan gadget seperti Skiff
Reader via internet.
Ø Dampak Negatif
·
Menimbulkan sifat konsumtif bagi
mereka yang suka mengoleksi gadget karena harga gadget relatif mahal.
·
Bagi anak-anak yang suka menggunakan
gadget seperti televise sebelum tidur mungkin akan mengalami masalah
konsentrasi dan kehilangan mood belajar keesokan harinya.
·
Maniac gadget biasanya suka
menghabiskan banyak waktu bersama gadget-gadgetnya sehingga dapat melalaikan
kewajibannya.
·
Menurunkan prestasi belajar bagi
anak-anak yang suka bermain video games.
·
Gadget kerap berpengaruh pada
kesehatan. Misalnya, jika terlalu lama menatap komputer atau laptop akan
merusak penglihatan dan jika terlalu keras mendengarkan musik akan merusak
pendengaran.
·
Gadget yang fungsinya sebagai alat
untuk menyimpan video seperti iPad, bagi pengguna yang tidak bertanggung jawab
bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyimpan video asusila atau gambar-gambar
yang tidak senonoh.
4. Pengaruh Penggunaan Gadget Bagi
Kesehatan
Di
balik kemudahan dan kecanggihan yang kepada penggunanya, gadget kerap
mendatangkan risiko dan efek buruk bagi kesehatan.
Pengaruh
penggunaan gadget bagi kesehatan yang akan kami bahas kali ini diwakilkan oleh
salah satu gadget yang paling banyak peminatnya yaitu handphone. Tidak jarang
kita mendengar adanya laporan hasil riset yang mengaitkan efek radiasi
handphone dengan sejumlah penyakit, seperti kanker atau tumor. Berikut
adalah bagian tubuh yang mengalami risiko jika kita tidak bijak menggunakan
handphone.
1. Kepala
Para dokter di Amerika Serikat belum lama ini mengidentifikasi suatu gejala yang disebut "ringxiety" di mana seseorang merasakan dirinya seakan-akan mendengar suara ponsel berbunyi, padahal suara itu tidak pernah ada. Sebuah riset menyebutkan bahwa lebih dari 60 persen pengguna ponsel menderita gangguan yang juga disebut "phantom ringing" tersebut.
Para dokter di Amerika Serikat belum lama ini mengidentifikasi suatu gejala yang disebut "ringxiety" di mana seseorang merasakan dirinya seakan-akan mendengar suara ponsel berbunyi, padahal suara itu tidak pernah ada. Sebuah riset menyebutkan bahwa lebih dari 60 persen pengguna ponsel menderita gangguan yang juga disebut "phantom ringing" tersebut.
2. Telinga
Peneliti di India menemukan, mereka yang mendengarkan musik dari earphone yang terhubung dengan ponsel berisiko ribuan kali lipat mengalami kontaminasi bakteri dalam telinga dibandingkan dengan yang tidak. Memakai earphones akan membuat saluran atau rongga telinga menjadi lebih hangat dan lembab sehingga kuman akan lebih mudah berkembang.
Peneliti di India menemukan, mereka yang mendengarkan musik dari earphone yang terhubung dengan ponsel berisiko ribuan kali lipat mengalami kontaminasi bakteri dalam telinga dibandingkan dengan yang tidak. Memakai earphones akan membuat saluran atau rongga telinga menjadi lebih hangat dan lembab sehingga kuman akan lebih mudah berkembang.
3. Jempol
Gerakan yang berulang-ulang dari jempol dan telunjuk seperti dapat menimbulkan cedera dan otot-otot menjadi tegang. Ini akan memicu rasa sakit pada jari, jempol, dan sendi-sendi. Para ahli menyarankan kita agar selalu mengambil rihat setelah 30 menit memakai ponsel atau alat apa pun.
Gerakan yang berulang-ulang dari jempol dan telunjuk seperti dapat menimbulkan cedera dan otot-otot menjadi tegang. Ini akan memicu rasa sakit pada jari, jempol, dan sendi-sendi. Para ahli menyarankan kita agar selalu mengambil rihat setelah 30 menit memakai ponsel atau alat apa pun.
4. Kulit
Ponsel juga dapat memicu ruam kulit. Menurut Asosiasi Dermatologi Inggris, mobile phone dermatitis adalah gangguan pada kulit yang dapat dipicu akibat terlalu lama menggunakan atau menempelkan ponsel pada kulit.
Ponsel juga dapat memicu ruam kulit. Menurut Asosiasi Dermatologi Inggris, mobile phone dermatitis adalah gangguan pada kulit yang dapat dipicu akibat terlalu lama menggunakan atau menempelkan ponsel pada kulit.
5. Tangan
Penggunaan berlebihan pada konsol permainan, seperti Wii dan Xbox, bisa menyebabkan neutrophilic hidradenitis—sejenis lesi berwarna merah pada tangan. Gangguan ini juga disebut PlayStation Pimple. Kondisi ini, menurut British Journal of Dermatology, diakibatkan keringat yang berlebihan karena memegang handsets.
Penggunaan berlebihan pada konsol permainan, seperti Wii dan Xbox, bisa menyebabkan neutrophilic hidradenitis—sejenis lesi berwarna merah pada tangan. Gangguan ini juga disebut PlayStation Pimple. Kondisi ini, menurut British Journal of Dermatology, diakibatkan keringat yang berlebihan karena memegang handsets.
BAB III PENUTUP
1.
Kesimpulan
Salah
satu teknologi yang saat ini sedang populer dan paling banyak diminati adalah
gadget. Gadget adalah teknologi yang sangat tepat untuk membantu menyelesaikan
pekerjaan kita secara efektif dan sebagai sarana hiburan. Gadget sangat beragam
jenisnya seperti audio gadget, iPods, video gadget, kamera gadget, dan
sebagainya. Seiring dengan perkembangan zaman, gadgetpun terus berkembang baik
dari segi fitur maupun bentuknya. Peminat gadget sangatlah banyak karena
fasilitas yang dimilikinya sangatlah menarik sehingga peranan gadget dalam
kehidupan sangatlah besar. Namun, perlu diingat bahwa gadget tidak hanya
menimbulkan dampak positif bagi penggunanya tetapi juga menimbulkan dampak
negatif. Karena itu kita harus cermat dalam menggunakan teknologi mutakhir ini.
2.
Saran
·
Fasilitas yang telah diberikan dalam
sebuah gadget sebaiknya dipergunakan dengan sebaik mungkin dan sebagaimana
mestinya.
·
Telah dijelskan bahwa gadget juga
dapat menimbulkan dampak negatif, kita sebagai pengguna hendaknya dapat
menggunakan teknologi ini dengan bijak agar tidak terkena dampak negatifnya.
·
Penggunaan gadget yang tidak
sewajarnya dapat berpengaruh pada kesehatan. Misalkan penggunaan handphone yang
terlalu lama. Karenanya, kita harus mempergunakan gadget dengan cermat agar
kiranya tidak berakibat buruk bagi kesehatan.
·
Bagi Anda yang termasuk maniac gadget
hendaknya dapat mengatur waktu seperti mengurangi intensitas pemakaian gadget
agar tidak melalaikan kewajiban utama.
·
Bagi Anda yang suka mengoleksi gadget
hendaknya dapat mengatur mana keperluan yang lebih penting atau tidak penting
agar tidak menimbulkan gaya hidup yang konsumtif.
·
Sebagai generasi muda, kita perlu
berperan dalam kemajuan teknologi yang ada pada era globalisasi ini agar kita selalu
dapat mengikuti perkembangan zaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar