Minggu, 07 Juli 2013

Makalah layanan informasi di perpustakaan


MAKALAH LAYANAN INFORMASI
DI PERPUSTAKAAN


Disusun oleh :
NAMA                        : RIZKI ARSIKA YUNITA
NIM                            : 13040112140056
JURUSAN                  : S1 ILMU PERPUSTAKAAN
KELAS                       : D


FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan limpahan kasih sayangNya saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. Shalawat dan salam tetap tercurahkan pada Rasululloh SAW yang telah membimbing umatNya ke arah kebajikan.
Adapun penyusunan makalah yang berjudul “Layanan Informasi di Perpustakaan ”ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Layanan Informasi.
Tak lupa saya sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu demi terselesaikannya makalah ini.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu, saya mengharap kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun demi penyempurnaan makalah saya mendatang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Amin.

       
                                                                                                            Semarang, 28 April 2013

                                                                                Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang

Membangun budaya membaca dan kebiasaan belajar seumur hidup perlu di dukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadahi. Perpustakaan merupakan tempat yang memiliki nilai sangat strategis, karena memberi peluang kepada kalangan lebih luas untuk dapat memanfaatkannya. Penyelenggaraan perpustakaan yang dapat berfungsi sebagai sumber belajar bermutu yang terjangkau oleh berbagai kalangan, telah terbukti diperlukan dalam upaya membangun budaya baca dan peradaban yang bermartabat.
Perpustakaan didirikan untuk kepentingan umum, berarti bahan bacaan maupun jenis layanan yang tersedia harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pemustaka. Jika perpustakaan diperuntukan untuk kepentingan umum, maka bahan pustaka maupun jenis layanan yang disediakan harus lebih beragam, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pemustaka.








B.   Rumusan Masalah

1.     Apa pengertian perpustakaan ?
2.     Apa pengertian layanan informasi di perpustakaan ?
3.     Apa saja jenis-jenis layanan informasi di perpustakaan ?
4.     Apa manfaat layanan informasi di perpustakaan ?

C.   Tujuan

1.     Untuk mengetahui pengertian perpustakaan
2.     Untuk mengetahui pengertian layanan informasi di perpustakaan
3.     Untuk mengetahui jenis-jenis layanan informasi di perpustakaan
4.     Untuk mengetahui manfaat dari layanan informasi di perpustakaan.













BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Perpustakaan
Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm,mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet. 
Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.
Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).







B.   Layanan Informasi di Perpustakaan

Layanan Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat mengolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi memenuhi kebutuhan individu. Dalam dunia perpustakaan layanan informasi meliputi :

Ø Layanan Bimbingan Pemakai
Ø Layanan Sirkulasi
Ø Layanan Referensi
Ø Layanan Multimedia
Ø Layanan Perpustakaan Digital
Ø Layanan Internet,Scaning dan Cetak
Ø Layanan Jurnal/Majalah
Ø Layanan Fotocopy
Ø Peminjaman Ruang Diskusi
Ø Silang layan

C.   Jenis-jenis Layanan Informasi di Perpustakaan

·         Layanan Bimbingan Pemakai

            Setiap awal tahun akademik, perpustakaan menyelenggarakan orientasi perpustakaan untuk anggota baru dengan tujuan memperkenalkan perpustakaan secara umum mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia.

·         Layanan Sirkulasi

            Seluruh sivitas akademika memperoleh layanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan pesan pinjam) sesuai dengan aturan yang berlaku.

·         Layanan Referensi

            Layanan referensi adalah kegiatan untuk membantu pengguna dalam menelusur informasi. Pengguna dibantu untuk menemukan informasi dengan cepat, menelusur informasi dengan lebih spesifik dan dengan pilihan subjek yang lebih luas.

·         Layanan Multimedia

            Layanan multi media adalah kegiatan melayankan koleksi multi media kepada pengguna untuk ditayangkan dengan bantuan perlengkapannya di dalam perpustakaan, misalnya : kaset audio, kaset video, VCD, DVD dan sebagainya

·         Layanan perpustakaan digital
Perpustakaan menyediakan koleksi elektronik untuk mengikuti perkembangan dunia digital.
·         Layanan Internet, Scanning dan Cetak

            Untuk membantu pengguna dalam menelusur informasi yang lebih beragam, baik jenis, jumlah maupun asal, Perpustakaan harus menyediakan akses internet bagi pengguna, pengguna juga diusahakan dapat memanfaatkan komputer yang ada untuk mengetik, scan dan mencetak.

·         Layanan Jurnal/Majalah

            Selain jurnal elektronik perpustakaan diharapkan melanggan beberapa judul jurnal/majalah ilmiah dan populer tercetak. Jurnal dan majalah hanya dapat dibaca ditempat dan difotokopi

·         Layanan Fotokopi

            Perpustakaan menyediakan layanan fotokopi untuk membantu pengguna yang memerlukan, khususnya untuk membuat fotokopi koleksi perpustakaan yang hanya dapat dibaca ditempat.

·         Peminjaman Ruang Diskusi

            Perpustakaan menyediakan ruang diskusi yang terpisah dari ruang baca untuk anggota perpustakaan yang memerlukan baik untuk berdiskusi, mengerjakan tugas kelompok dan sebagainya.

·         Silang Layan

            Silang layan adalah kerjasama antara sejumlah perpustakaan dalam bentuk saling memanfaatkan sumber daya dan layanan informasi semua perpustakaan yang terlibat. Silang layan dibuat berdasarkan kenyataan bahwa tidak ada perpustakaan yang mampu memenuhi semua kebutuhan penggunanya dan mengingat harga bahan pustaka terus meningkat sementara dana terbatas sehingga Perpustakaan harus menjalin kerjasama dengan perpustakaan dan pusat informasi lain baik tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.





D.   Manfaat layanan informasi di perpustakaan
1.     Pengunjung merasa lebih puas karena koleksi yang sudah tersusun secara sistematis.
2.     Menjadikan perpustakaan tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.
3.     Pengadaan bahan pustaka yang dikehendaki pengguna sesuai dengan kebutuhan informasi.
4.     Memudahkan pemustaka mencari bahan pustaka yang sesuai kebutuhan.
5.     Membantu pemustaka yang membutuhkan layanan internet atau fotocopy.

















BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Dari keterangan di atas dapat saya simpulkan bahwa perpustakaan adalah suatu tempat atau instansi yang menyimpan semua informasi baik media cetak maupun non cetak.
Jenis-jenis layanan informasi yang diterapkan di perpustakaan meliputi :
Ø Layanan Bimbingan Pemakai
Ø Layanan Sirkulasi
Ø Layanan Referensi
Ø Layanan Multimedia
Ø Layanan Perpustakaan Digital
Ø Layanan Internet,Scaning dan Cetak
Ø Layanan Jurnal/Majalah
Ø Layanan Fotocopy
Ø Peminjaman Ruang Diskusi
Ø Silang layan
Dengan berjalannya layanan seperti diatas, pemustaka lebih merasa puas dalam mencari bahan pustaka. Dan sangat memudahkan pemustaka memenuhi kebutuhan pustaka.

1 komentar:

  1. Tolong sertakan sumber kalau membuat makalah . nanti dicoret dosen lho

    BalasHapus