MAKALAH
LAYANAN INFORMASI
DI
PERPUSTAKAAN
Disusun
oleh
:
NAMA : RIZKI ARSIKA YUNITA
NIM : 13040112140056
JURUSAN : S1 ILMU PERPUSTAKAAN
KELAS : D
FAKULTAS
ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS
DIPONEGORO
2013
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan
limpahan kasih sayangNya saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan
tepat waktu. Shalawat dan salam tetap tercurahkan pada Rasululloh SAW yang
telah membimbing umatNya ke arah kebajikan.
Adapun
penyusunan makalah yang berjudul “Layanan Informasi di Perpustakaan ”ini
adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Layanan Informasi.
Tak
lupa saya sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu demi
terselesaikannya makalah ini.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari
sempurna. Maka dari itu, saya mengharap kritik dan saran dari pembaca yang
bersifat membangun demi penyempurnaan makalah saya mendatang. Semoga makalah
ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Amin.
Semarang, 28 April 2013
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Membangun budaya membaca dan kebiasaan belajar
seumur hidup perlu di dukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang
memadahi. Perpustakaan merupakan tempat yang memiliki nilai sangat strategis,
karena memberi peluang kepada kalangan lebih luas untuk dapat memanfaatkannya.
Penyelenggaraan perpustakaan yang dapat berfungsi sebagai sumber belajar
bermutu yang terjangkau oleh berbagai kalangan, telah terbukti diperlukan dalam
upaya membangun budaya baca dan peradaban yang bermartabat.
Perpustakaan didirikan untuk kepentingan umum,
berarti bahan bacaan maupun jenis layanan yang tersedia harus dapat
dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pemustaka. Jika perpustakaan
diperuntukan untuk kepentingan umum, maka bahan pustaka maupun jenis layanan
yang disediakan harus lebih beragam, sehingga dapat memenuhi kebutuhan
pemustaka.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa
pengertian perpustakaan ?
2. Apa
pengertian layanan informasi di perpustakaan ?
3. Apa
saja jenis-jenis layanan informasi di perpustakaan ?
4. Apa
manfaat layanan informasi di perpustakaan ?
C. Tujuan
1. Untuk
mengetahui pengertian perpustakaan
2. Untuk
mengetahui pengertian layanan informasi di perpustakaan
3. Untuk
mengetahui jenis-jenis layanan informasi di perpustakaan
4. Untuk
mengetahui manfaat dari layanan informasi di perpustakaan.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Perpustakaan
Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan
sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal
sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota
atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu
membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku
untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat
penimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm,mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan
fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.
Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan
informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang
merupakan kebutuhan hakiki manusia.
Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan
kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi
itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan
modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada
dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses
lewat jaringan komputer).
B.
Layanan Informasi di Perpustakaan
Layanan Informasi
adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu
dapat mengolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi memenuhi kebutuhan
individu. Dalam dunia perpustakaan layanan informasi meliputi :
Ø Layanan
Bimbingan Pemakai
Ø Layanan
Sirkulasi
Ø Layanan
Referensi
Ø Layanan
Multimedia
Ø Layanan
Perpustakaan Digital
Ø Layanan
Internet,Scaning dan Cetak
Ø Layanan
Jurnal/Majalah
Ø Layanan
Fotocopy
Ø Peminjaman
Ruang Diskusi
Ø Silang
layan
C.
Jenis-jenis Layanan Informasi di Perpustakaan
·
Layanan Bimbingan Pemakai
Setiap awal tahun akademik, perpustakaan menyelenggarakan orientasi perpustakaan untuk anggota baru dengan tujuan memperkenalkan perpustakaan secara umum mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia.
·
Layanan Sirkulasi
Seluruh sivitas akademika memperoleh layanan sirkulasi (peminjaman, pengembalian, perpanjangan dan pesan pinjam) sesuai dengan aturan yang berlaku.
·
Layanan Referensi
Layanan referensi adalah kegiatan untuk membantu pengguna dalam menelusur informasi. Pengguna dibantu untuk menemukan informasi dengan cepat, menelusur informasi dengan lebih spesifik dan dengan pilihan subjek yang lebih luas.
·
Layanan Multimedia
Layanan multi media adalah kegiatan melayankan koleksi multi media kepada pengguna untuk ditayangkan dengan bantuan perlengkapannya di dalam perpustakaan, misalnya : kaset audio, kaset video, VCD, DVD dan sebagainya
·
Layanan perpustakaan digital
Perpustakaan menyediakan koleksi
elektronik untuk mengikuti perkembangan dunia digital.
·
Layanan Internet, Scanning dan Cetak
Untuk membantu pengguna dalam menelusur informasi yang lebih beragam, baik jenis, jumlah maupun asal, Perpustakaan harus menyediakan akses internet bagi pengguna, pengguna juga diusahakan dapat memanfaatkan komputer yang ada untuk mengetik, scan dan mencetak.
·
Layanan Jurnal/Majalah
Selain jurnal elektronik perpustakaan diharapkan melanggan beberapa judul jurnal/majalah ilmiah dan populer tercetak. Jurnal dan majalah hanya dapat dibaca ditempat dan difotokopi
·
Layanan Fotokopi
Perpustakaan menyediakan layanan fotokopi untuk membantu pengguna yang memerlukan, khususnya untuk membuat fotokopi koleksi perpustakaan yang hanya dapat dibaca ditempat.
·
Peminjaman Ruang Diskusi
Perpustakaan menyediakan ruang diskusi yang terpisah dari ruang baca untuk anggota perpustakaan yang memerlukan baik untuk berdiskusi, mengerjakan tugas kelompok dan sebagainya.
·
Silang Layan
Silang layan adalah kerjasama antara sejumlah perpustakaan dalam bentuk saling memanfaatkan sumber daya dan layanan informasi semua perpustakaan yang terlibat. Silang layan dibuat berdasarkan kenyataan bahwa tidak ada perpustakaan yang mampu memenuhi semua kebutuhan penggunanya dan mengingat harga bahan pustaka terus meningkat sementara dana terbatas sehingga Perpustakaan harus menjalin kerjasama dengan perpustakaan dan pusat informasi lain baik tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.
D.
Manfaat layanan informasi di
perpustakaan
1. Pengunjung
merasa lebih puas karena koleksi yang sudah tersusun secara sistematis.
2. Menjadikan
perpustakaan tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.
3. Pengadaan
bahan pustaka yang dikehendaki pengguna sesuai dengan kebutuhan informasi.
4. Memudahkan
pemustaka mencari bahan pustaka yang sesuai kebutuhan.
5. Membantu
pemustaka yang membutuhkan layanan internet atau fotocopy.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari keterangan di atas dapat saya simpulkan bahwa
perpustakaan adalah suatu tempat atau instansi yang menyimpan semua informasi
baik media cetak maupun non cetak.
Jenis-jenis layanan informasi yang diterapkan di
perpustakaan meliputi :
Ø Layanan
Bimbingan Pemakai
Ø Layanan
Sirkulasi
Ø Layanan
Referensi
Ø Layanan
Multimedia
Ø Layanan
Perpustakaan Digital
Ø Layanan
Internet,Scaning dan Cetak
Ø Layanan
Jurnal/Majalah
Ø Layanan
Fotocopy
Ø Peminjaman
Ruang Diskusi
Ø Silang
layan
Dengan berjalannya layanan seperti diatas, pemustaka
lebih merasa puas dalam mencari bahan pustaka. Dan sangat memudahkan pemustaka
memenuhi kebutuhan pustaka.
Tolong sertakan sumber kalau membuat makalah . nanti dicoret dosen lho
BalasHapus